Tips Menyanyi Dengan Baik

Standard

 Tips Menyanyi Dengan Baik

m

Ok kawan sekarang aku akan memberikaan tips bernyanyi dengan baik dan benar. Percuma kan punya suara bagus tapi ngga ada teknik vocalnya. Maka dari itu disini aku akan sedikit mengulas sedikit saja mengenai bernyanyi.. selamat  belajar ya…

  • Sebagai pendahuluan, latihlah artikulasi. Artikulasi sangat diwajibkan bagi seorang penyanyi, karena pesan sebuah lagu disampaikan melalui syair yang dinyanyikan penyanyi tersebut.
  • Selanjutnya, kamu harus bisa teknik dasar, seperti penghayatan. Jika lagu dinyanyikan dengan penuh penghayatan, tetapi tidak dengan teknik, maka akan sama dengan coretan acak yang orang sebut abstrak, padahal, pelukis abstrak yang benar, harus bisa dasar-dasar melukis.
  • Lalu kamu harus bisa memilih aliran musik apa yang ada pada diri kamu. Contoh nie.. apakah kamu ingin di aliran musik pop, seriosa, klasik, dan lain sebagainya. Lalu berlatihlah sampai kamu benar-benar mampu menyanyikannya. Sebenarnya kalian semua sangat berpotensi dibidang menyayi tetapi sayang, kurang dilatih. Hal itu yang menyebabkan suara agak kurang enak didengar.
  •  Kemudian yang perlu diperhatikan adalah resonator. Resonator/penggaung adalah titik tembak suara, kalau nada rendah, pilih resonantor bawah (dada), tengah dengan tengah(leher), dan tinggi dengan tinggi(kepala), maksudnya bukan dada, leher dan kepala digetarkan, tetapi seolah-olah tembakkan suaramu ke arah tadi sesuai bidangnya. Khusus untuk nada tinggi, ada 2 jenis suara yang ditimbulkan, yaitu suara kepala (kopstem), dan suara palsu(Falsetto)
  • Langkah selanjutnya, kamu mulai melatih nafas. ada 4 jenis nafas, dada, bahu, perut, dan yang paling disarankan adalah Diafragmatic Breathing. 4 jenis itu, didasarkan kepada bagian mana yang berkembang ketika kamu mengambil nafas. Diafragma yang baik adalah yang dapat dikendalikan, kamu harus bisa menahan diafragma yang letak kembangkempisannya di perut bagian atas itu agar tidak cepat mengempis (hal ini sangat sulit, bahkan saya pun masih belum sempurna)
  •   Nah, jika semuanya sudah matang tinggal latih aja vibrasi kamu.. vibra adalah getaran suara. Dan slain vibrasi kamu juga bisa melatih cengkok nada

Leave a comment